Akhir Pekan Dengan Chef Rolf Knecht

A photo posted by Chef Knecht (@chefknecht78) on

Kebetulan akhir pekan lalu diundang Zomato untuk menghabiskan sabtu pagi dengan Chef Rolf Knecht dari C’s Steak and Seafood Restaurant,Jakarta (kemudian saya sebut dengan C’s saja ya).  Tema #ZomatoMeetup kali ini adalah belajar membuat steak dengan Chef Rolf. Mumpung lagi ditinggal Arianna kerja ke Bali, kesempatan belajar bikin steak ini tidak saya lewatkan.

Ternyata saya menjadi peserta pertama yang datang ke #ZomatoMeetup ini. Staff C’s berbaik hati memberikan saya kopi pagi sambil menunggu peserta yang lain. Tidak lama menunggu, peserta yang lain termasuk teman-teman Zomato-pun datang dan sesi memasak steakpun dimulai oleh Chef Rolf.


Chef Rolf memulai dengan memperkenalkan beberapa jenis daging yang biasanya dibuat untuk steak seperti tenderloin, sirloin ataupun rib eye. Secara personal Chef Rolf menyukai daging rib eye untuk menikmati steak walaupun dagingnya tidak setebal yang lain. Kata Chef Rolf sih rib eye punya kenikmatan daging yang luar biasa.

Untuk jenis daging, Chef Rolf bilang kita bisa pakai jenis daging apa saja untuk memasak steak. Tidak harus daging dari luar, daging lokalpun oke. Yang penting kita tahu cara masaknya saja. Untuk memasak daging steak, kita bisa menggunakan panci untuk menggoreng (bukan teflon) jika kita tidak punya panggangan. Kalau kita punya grill pan, daging bisa dimasak terlebih dahulu di grill pan kemudian dilanjutkan dengan oven.


Untuk permukaan daging kita hanya perlu untuk menaburkan garam dan lada hitam secukupnya sebelum dipanggang. Kalau untuk medium kita cukup memanggang masing-masing sisi selama 7 menit. Nah kemarin Chef Rolf sebetulnya ngajarin bagaimana memastikan daging kita dalam kondisi medium rare, medium atau well done. Buat mudahnya coba diliat video dari Chef Gordon Ramsay di atas ini. Caranya sama persis seperti yang diajarin oleh Chef Rolf kemarin.


Sesi terakhir tentunya menikmati berbagai macam daging yang telah dimasak oleh Chef Rolf. Kali ini kami mendapatkan aneka jenis daging dari Jepang seperti Kobe ataupun Matsuzaka.

Jadi biasanya kamu suka menikmati daging steak yang mana?

(Visited 304 times, 1 visits today)
didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan  pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>