Pecel Malang ala Warung Sampeyan

Mencari masakan Jawa di Jakarta itu susah-susah gampang. Kalaupun ada, biasanya rasanya tidak seotentik dari daerah asal. Bisa jadi karena sudah disesuaikan oleh lidah para penghuni ibukota yang tidak semuanya berasal dari Jawa.

Nah, makanya kalau nemu tempat makan yang menyajikan masakan khas Jawa biasanya saya sempetin buat mampir dan mencobanya. Motivasinya sepele, pengen tahu rasanya. Hahahaha~

Salah satu yang kerap saya kunjungi adalah Warung Sampeyan. Tempat makan ini terletak di Jl. Sahardjo, Manggarai Jakarta.  Dekat dengan kantor pacar, jadi biasanya sekalian makan siang bareng *uhuk*.

Sama seperti menu masakan Jawa, menu di Warung Sampeyan ini cukup standart. Kebanyakan didominasi oleh olahan daging ayam dan iga sapi. Namun yang membuat sedikit berbeda adalah Warung Sampeyan ini menyajikan pecel khas Kota Malang.


Saya sebenarnya tidak bisa membedakan antara pecel Malang dan pecel-pecel lain pada umumnya, yang lidah saya rasakan adalah, pecel Malang cenderung tidak memakai banyak kacang-kacangan dan bumbunya lebih pedas. Dilengkapi dengan peyek kacang, pecel Malang ala Warung Sampeyan ini memberikan citarasa sedikit menggigit dibanding pecel Malang lainnya yg pernah saya rasakan, Ulekan bumbunya tidak terlalu halus, ditambah cacahan timun segar dan kemangi, membuat setiap suapan terasa lebih segar.

Kata penjualnya, lebih mantap kalau dimakan dengan empal goreng. Tapi berhubung saya tidak makan daging, maka telur ceplok pun cukup. Secara keselurhan, Warung Sampeyan mungkin tidak lebih istimewa dari tempat makan khas Jawa lainnya yang ada di Jakarta, tapi bolehlah kalau dijadikan alternatif.

Postingan ini dibuat oleh teman saya Gita, kamu bisa menemukan kesehariannya di blog personal dia The Aprikot

(Visited 202 times, 1 visits today)
didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan  pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

1 Comment
  1. sheila bilang, ada tempat namanya warung belud parang kusuma ,di jalan parangkusuma indrapura,yang jualan aneka lalapan.makanannya Halal.Katanya sih, …enak,nyaman,strategis,teduh,dan yang jelas harganya terjangkau serta karyawannya ramah dan sopan.yang makan disana kebanyakan orang kantoran apalagi pas jam makan siang banyak eksekutif muda yang caem2.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>