Resep: Beignet

Resep ini dibuat oleh Mbak Titut

Bahan

175 gr air hangat
11 gr ragi instant (1 bungkus)
60 gr gula
½ sendok teh garam
1 butir telur
80 ml susu cair
sejumput pala parut segar
825 gr tepung terigu
60 gr mentega tawa, potong dadu kecil dan biarkan hangat sampai suhu kamar
minyak untuk menggoreng
bubuk gula untuk taburan

Cara Buat

Buat adonan malam sebelum memasak untuk memberikan kesempatan buat adonan untuk istirahat

Tempatkan air dalam mangkuk berukuran sedang dan taburi ragi instant di atas permukaan, biarkan selama beberapa menit sampai ragi aktif dan mulai berbusa.

Dalam mangkuk terpisah yang cukup besar untuk memuat semua bahan, aduk bersama: gula, garam, telur dan susu cair. Juga tambahkan ragi yang sudah diaktifkan dalam campuran ini (kita sebut adonan cair ya)

Masukan 1/2 jumlah tepung ke dalam adonan cair lalu tambahkan mentega. Campur hingga rata. Tambahkan sisa tepung dan aduk lagi. Lalu uleni hanya sampai semuanya menyatu (nggak usah sampe kalis). Tempatkan adonan dalam mangkuk, tutup rapat dengan bungkus plastik, dan lemari es semalam. Besoknya, adonan siap dipakai.

Adonan Dipotong Sebelum Digoreng

Ambil adonan, gilong sampai 0.25 cm. Potong kotak2 lalu goreng dalam minyak mendidih. Taburi gula bubuk.

Adonan Yang Sudah Digoreng

Cara Penyajian


Pertama: cuma ditaburin gula halus – artinya, cuma bagian atas yg kena


Kedua: dimasukin ke plastik plus gula halus, dicoating semuanya

Yuk Ngemil !
(Visited 983 times, 1 visits today)
didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan  pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>