Jejamuran

Di Sleman, DIY ada restoran unik yang menyajikan menu dengan bahan dasar jamur. Nama restorannya Jejamuran. Pertama saya diberitahu oleh si pacar sebuah foto sepiring menu makanan yang wujudnya seperti rendang. Katanya itu dari jamur, dan rasanya beneran seperti daging alih-alih jamur yang kenyal dan (aslinya) gak berasa itu.

Gak sabaran, beberapa malam kemudian saya diajak oleh beliau ke restoran ini. Resto Jejamuran alamatnya ada di Niron, Pandowoharjo, Sleman. Dari Ringroad Utara cari Jalan Magelang. Lurus aja ke arah Magelang sampai di sebuah perempatan di daerah Beran Lor, kemudian belok kanan kira-kira 800 meter. Resto ini terletak di sebelah kiri jalan.

Kalau mau mencoba menu lengkap sebaiknya datang sore hari karena biasanya malam hari beberapa menu sudah habis. Menunya seperti apa sih? Ini beberapa contohnya:

Rendang Manis

Ini adalah rendang jamur. Kelihatan kan bentuknya, jamur kancing yang diberi bumbu rendang. Pada gigitan pertama saya seperti gak percaya karena ternyata benar, jamurnya terasa seperti daging! :D Belum lagi bumbunya… *ngelap iler*

Asam Manis Jamur Tiram

Nah, untuk menu asam manis jamur ini kita bisa memilih sendiri jenis jamurnya. Ada pilihan jamur tiram seperti pada gambar di atas, jamur shitake dan jamur merang. Dalam penyajiannya, menu asam manis jamur tiram diberi potongan nanas dan paprika yang membuat rasa asam, manis dan gurih sangat menyatu di lidah. Meskipun kelihatannya porsinya kecil tapi menurut saya menu ini sudah cukup mengenyangkan.

Tapi jangan kenyang dulu. Coba yang satu ini:

Jamur Bakar Pedas

Buat penggemar masakan pedas, jangan lupa pesan menu ini. Saya sendiri gak terlalu suka pedas, jadi cuma sedikit nyolek menu pesanan si pacar. Dengan sedikit mengesampingkan rasa pedasnya, lidah saya menangkap *halah* bumbu jamur bakar pedas ini seperti bumbu barbeque! Masih ditambah dengan perasan jeruk nipis yang memberikan aroma segar. Bersama menu utama disediakan juga lalapan yang berupa mentimun, tomat, dan selada.

Untuk camilan/makanan sampingan, menu ini boleh dicoba:

Jamur Goreng Tepung

Yak, jamur goreng tepung. Seperti pada menu jamur asam manis, untuk menu ini kita bisa memilih jenis jamurnya. Sebagai tambahan, disediakan satu sachet sambal per porsinya. Awalnya kami kira porsinya kecil, rupanya setelah datang porsinya lumayan banyak untuk dimakan berdua :D

Itulah beberapa menu yang ada di Jejamuran. Masih ada banyak varian menu lagi seperti Sop Jamur, Pepes Jamur, Tom Yam Jamur, Sate Jamur, Lumpia Jamur, Tongseng Jamur, dan masih banyak lagi.

Selain makanan, resto Jejamuran menyajikan menu minuman khasnya yaitu wedang Jejamuran. Wedang ini adalah campuran madu, rempah-rempah dan jamur lingzhi. Badan rasanya hangat setelah minum wedang Jejamuran :D

Mahal gak sih?

Menu makanan berkisar antara 4 hingga 8 ribu rupiah per porsi. Tidak terlalu mahal, kan? Restorannya juga bersih, dilengkapi dengan toilet, musholla, dan parkir yang luas. Di restoran ini juga tersedia jamur segar dan menu olahan jamur dalam plastik untuk buah tangan atau stok camilan di rumah.

Jejamuran, Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, 55512
telpon 0274 868170

(Visited 379 times, 1 visits today)
didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan  pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

8 Comments
  1. adaa.. kata siapa di smarang ga ada.. yang resto vegie itu lho.. trus di pamularsih juga ada sate jamur, buka pagi – siang

  2. hmmm….. look so yummy…. di surabaya ada ga yaw resto khusus jamur gene?
    soalnya akhir2 ini saya jadi ngefans ama jamur hihihi :grin:

  3. @AriW: tenane wi di pamularsih … oh ia ding di AHA kui hehehe

    @Nesakyo : wah kl soal jamur di SBY kurang tau deh ..aku buka lewat tweet yah

  4. kalo ke jogja lagi, silahkan review tempat yang satu ini. KOPITIAM 51 di jl Veteran No. 51 Jogja. Tempatnya full gardebn dan untuk konsep masakannya Asian food & seafood. Dicoba Udang telur Asin, Cumi yg digoreng bener2 garing (Cumi Kopitiam), gurami steam (Cocok yg anti kolesterol) untuk minumnya Kopi O Bali sama Kawista squash. dijamiiin,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>