Asamnya Kopi Lampung

Kopi Indonesia saat ini ditilik dari hasilnya, menempat peringkat keempat terbesar di dunia. Kopi memiliki sejarah yang panjang dan memiliki peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Indonesia diberkati dengan letak geografisnya yang sangatlah cocok bagi tanaman kopi. Letak Indonesia sangat ideal bagi iklim mikro untuk pertumbuhan dan produksi kopi. (via Wikipedia)

Tidak banyak soal sejarah kopi Indonesia yang dapat saya temukan di dunia maya. Karena kemarin saya baru mendapat kopi dari lampung oleh-oleh dari Lowo, saya jadi ada ide untuk membuat postingan soal kopi lampung. Tetapi soal kopi lampung-pun tidak banyak yang mengulasnya.

Dari wikipedia saya ketahui bahwa kopi di Indonesia diperkenalkan oleh pemerintah Belanda. Awalnya kopi ditanam disekitar Batavia (Jakarta), Sukabumi dan Bogor sebelum menyebar ke seluruh pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi.

Pada permulaan abad ke-20 perkebunan kopi di Indonesia terserang hama, yang hampir memusnahkan seluruh tanaman kopi. Pada saat itu kopi juga ditanam di Timor dan Flores. Kedua pulau ini pada saat itu berada di bawah pemerintahan bangsa Portugis. Jenis kopi yang ditanam di sana juga adalah kopi Arabika. Kopi ini yang tidak terserang hama.

Kopi robusta biasanya tumbuh di daerah rendah, sedangkan kopi arabika tumbuh di daerah tinggi.

Kembali mengenai kopi lampung pemberian Lowo. Terus terang saya bukan penikmat kopi hitam tanpa gula. Tapi kali ini saya memberanikan diri untuk mencobanya tanpa gula untuk mengetahui rasa asli kopi lampung.

Warna kopi lampung ini hitam pekat dengan aroma pahit yang kuat sekaligus asam yang agak tajam. Untuk penikmat kopi memang rasa pahitnya khan yang dicari?

Tetapi akhirnya saya mencampur gula untuk menikmati kopi lampung ini karena belum bisa menjadi penikmat sejati dari secangkir kopi hitam. Ada sedikit tips untuk mencari rasa yang enak untuk mencampur gula dalam sebuah kopi. Gula dimasukkan terakhir ketika kopi sudah diseduh. Masukkan satu sendok teh dulu dan kalau kurangtambahkan sedikit demi sedikit sampai menemukan porsi manis yang pas.

Selamat berakhir pekan dan menikmati kopimu.

(Visited 1,361 times, 1 visits today)
didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan  pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

20 Comments
  1. wong londo itu ibaratnya bakal mati kalo sehari aja gak minum kopi :lol:

    bapak kostku nyoba sekali kopi lampung yang kubawa trus malah sekantong diminta dia semua hahahaha katanya enak banget

  2. untuk soal rasa, menurutku manteb banget… beda ama “kopi biasa”
    untuk temen begadang,, kopi lampung emang jagonya,, dijamin susah tidur :D

    *ahh,, jadi pengen ke lampung lagi.. :))

  3. @Krisbi : makanya enakan jualan ke eropa hahaha~

    @lowo: toss!

    @titut : hmm blm pernah nyoba kopi aceh …mo oleh oleh-in? hihi~

    @fahmi: menuju tekapeh gan !

    @slams: lagi betmen-an yah, tadi aku kirim ke markas betmen

    @vicky: Lowo ini ada cewek manis yang nanya wo!! (woot)

  4. @didut & vicky : dulu dapetnya di supermarket deket bandara (raden inten), gak deket2 banged sih. menurutku gak susah nyari kopi tersebut, selama di area lampung dan tersedia banyak merk.
    kalo mo nyari kopi lampung hasil gilingan, di Pasar Way Halim banyak… (gak menutup kemungkinan di pasar2 laen)

    dan sialnya,, kalo ngomongin kopi,, aku jadi inget “tragedi” coffe-makermu :((

  5. Aku belum pernah nih nyobain ngopi pake kopi lampung kayak apa yah rasanya kira2? Jadi penasaran nih pengin coba. Ada nggak yah yang jual kopi lampung di Semarang? Temen2 tolong dong kasih info. OK! Tenks banget.

  6. aku dah coba beberapa macam kopi tapi gak ada yang se-enak dan se- nikmat kopi lampung asli…
    aromanya dan rasanya bro…boleh diadu dari kopi2 laen….BRAVO LAMPUNG COFFE….

  7. Dulu aku ga doyan kopi sama sekali. lalu aku dapat tugas jadi guru di pasir gintung Tanjungkarang selama 7 tahun. Disutulah aku ketagihan kopi Lampung. Uenaaaakkkkkk tenan. Jempol kanan memang oke…! :lol:

  8. Perkenalkan kopi baru ‘kopi CORDOVA’.Bagi pecinta robusta,dengan rasanya yang khas, di tanam di lampung, di padu dengan gula, jahe, kapulaga, taurin, dan ginseng…
    Rasa mantap, kopi tubruk premium, harga 5ribu per sachet…
    Produk dalam negeri, sudah di ekspor ke China dengan konsumen luar biasa banyak..g bakal kecewa deh pokoknya…
    Diskon bagi yg membeli 1box isi 10 sachet… Bisa dilihat spesifikasi produk melalui teensnagima.blogspot.com
    Mari tingkatkan perekonomian dalam negeri dengan memakai produk Indonesia yang jelas kualitasnya…

  9. Yth. Saudaraku para penikmat Kopi,
    Ingin lebih menikmati kopi, sekaligus meningkatkan potensi libido, syahwat, dan sembuhkan frigiditas, serta termasuk cegah menopause dini?
    Coba saja kopi yang akan anda nikmati berikan/taburkan 1 sendok teh peres produk yang satu ini:
    RexiMax/Herbamax
    Kunjungi kami di:
    Web: http://www.reximax.com
    ID: SKY0004448
    Pasword Login: 111111
    HP/sms: 02137878828, 081807490541
    Reximax adalah ramuan herbal yang diracik khusus dari bahan herbal alami dengan komposisi yang seimbang sehingga tidak ada efek samping berfungsi untuk meninggkatkan Vitalitas yang prima, meningkatkan kesuburan hormon, regenerasi sel, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Juga bermanfaat untuk therapy detoxifikasi, diabetes, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan impotensi, lemah syahwat dan frigiditas, memperlambat penuaan serta menopause dini.
    Delapan Ramuan Alami Yang Terkandung Dalam REXIMAX/Herbamax untuk kehidupan yang lebih harmonis, terdiri dari :
    TRIBULUS TERRESTRIS
    PURWOCENG (Pimpinella Alpina)
    PANAX GINSENG
    TONGKAT ALI ( Eurycoma Longifola)
    MACA ( Lepidium Perulianum Chacon )
    MADU
    KOPI
    NON DAIRY CREAMERS (NDC)
    Cara Penyajian & Pemakaiannya
    Ambil 1 sendok teh peres langsung dicampurkan/ditaburkan dalam minuman kopi panas yang sudah tersedia dan siap saji, langsung Anda nikmati dengan santai bersama kolega-kolega Anda baik dirumah maupun di Kafe-kafe dikota Anda.

  10. @Vicky, kopi lampung di bandarlampung? coba ke toko resmi kopi sinar baru, salah satu yang terbaik di lampung, bertahan sejak jaman dulu, posisi di teluk betung daerah vihara Thay Hin Bio (Vihara tertua di lampung), coba tanya orang2 sekitar ketika sudah di bandar lampung daerah teluk betung.

    Merek kopinya Bola dunia, dan merupakan legenda kopi lampung karena sudah beroperasi sejak tahun 1917. Banyak produsen lain yang meniru kopi ini secara kemasan dan logo, tapi kopi bola dunia sinar baru hanya bisa di beli langsung dari tokonya, bukan di supermarket, harganya pun tergolong murah.

    biasanya di kemas dengan kertas kopi yang di lapisi plastik. Kopi ini merupakan kopi terenak yang pernah saya coba, pahit dan harum. Kopinya di grind sangat halus sekali membuatnya cocok untuk di jadikan coffee drip. Saran penyajian: http://www.youtube.com/watch?v=6weM0-n2GD8

  11. @ Elie : sebelumnya terimakasih sekali atas informasi dan pujian dari anda

    @ Others: Mohon ijin untk memperkenalkan diri. Nama saya Lucas. Saya adalah generasi ke-4 dari Kopi Sinar Baru Cap Bola Dunia yang sudah berdiri sejak tahun 1911 (bukan 1917). Disini saya ingin menginformasikan mengenai pemesanan Kopi kami dan sedikit klarifikasi informasi. Untuk pemesanan dan pengiriman ke luar kota, Bapak dan Ibu sekalian dapat menghubungi contact (0721) 481475 atau 0812-721-3938.

    Selain itu, utk info lebih tepat, Kopi di Lampung biasanya yang baik adalah kopi robustanya karena tanah di Lampung tidak terlalu tinggi dari permukaan laut. Citarasa khas kopi Lampung adalah bitter, hitam pekat, heavy-bodied, dan juga harum sekali. Taste a bit nutty dan jg earthy. Kopi kami cukup memenuhi semua kriteria tersebut karena kami sangat memperhatikan kualitas produk kami dengan menggunakan 100% kopi robusta murni yang produksi dari tanah Lampung.

    Kopi kami dapat didapatkan di berbagai toko oleh-oleh, pasar, toko kelontong, dan supermarket lokal di Bandar Lampung. Di bandara Lampung sendiri, Radin Inten II Airport, juga terdapat toko oleh-oleh yang menyediakan produk kami (dia membeli langsung dari kami beberapa minggu sekali) karena banyaknya permintaan dari wisatawan.
    Tapi memang biasanya orang berbelanja langsung di toko kami yang beralamat di Jl. Ikan Kakap No. 34/57, Telukbetung, Bandar Lampung (Seberang Vihara Thay Hin Bio) untuk mendapatkan produk yang lebih fresh.

    Just for Info, Kopi yang terdapat di gambar diatas, yaitu merk Sinar Dunia bukanlah merk kami, berbeda dengan merk kami yang bernama: Kopi Sinar Baru Cap Bola Dunia.
    Merk Sinar Dunia adalah salah satu merk kopi di Lampung juga, yang memang ada sedikit kemiripan dengan merk kami.

    Terimakasih saya ucapkan sebelumnya. Semoga dengan klarifikasi ini, Bapak dan Ibu sekalian mendapatkan sedikit pencerahan dari kami dan juga dapat lebih berhati-hati dalam memilih produk.

    Salam Sejahtera bagi semua.

    Lucas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>