Nasi Koyor Mbak Tum, Peterongan

Akhirnya ke warung Mbak Tum juga. Warung Mbak Tum terletak di seberang Sri Ratu, Peterongan, Semarang. Dari jaman pertamakali tinggal di Semarang sudah melewati jalan ini beratus kali tapi akhirnya baru sadar ada tempat makan enak setelah diajak Ari W kemarin waktu kita kelaparan di tengah malam.

Ada 3 makanan utama yang dihidangkan disini: nasi koyor, gudeg atau lontong opor. Begitu saya masuk kedalam warung, saya tahu isi warung ini bakalan jadi godaan berat untuk saya karena makanan kesukaan saya ada disini semua dari pete goreng sampai rempela goreng.

Karena kalap saya langsung memesan nasi koyor (yang juga diberi gudeg) plus rempela plus pete goreng. Uenakkkkk rasanya. Koyornya lembut, rasa gudegnya tidak terlalu manis (kelihatannya disesuaikan dengan lidah orang semarang) dan rempelanya juga …hmmm..mantebh deh.

Warung Mbak Tum kelihatannya buka dari sore hari sampai ekitar jam 1 malam atau kalau sudah kehabisan. Warung ini memang pas banget buat dijadikan sarana pelampiasan jika melapar ditengah malam. Selain didalam warung, biasanya digelar lesehan di belakang warung jadi pembeli tidak usah takut untuk berdesakan kecuali kalau memang ramai sekali.

Total kerusakan untuk nasi koyor-gudeg-rempela-pete goreng, nasi koyor-telor beserta 2 teh adalah 36.000. kelihatannya 1 porsi normal dilepas dengan harga 10.000 – 15.000. Kata Ari W warung Mbak Tum ini sudah ada sejak bapaknya kuliah, jadi minimal warung ini sudah berjualan selama 29 tahun, wew!!! Saya jadi aware kalau di semarang memang banyak tempat makan yang legendaris seperti warung makan Mbak Tum ini.

Semakin malam malah membuat warung ini semakin ramai. Saya lihat sangat beragam pembeli diwarung ini dari penikmat kuliner dari luar kota, pekerja yang biasa bekerja pada malam hari seperti pedagang pasar sampai orang yang baru pulang kegiatan hiburan malam, semua tumprek jadi satu di warung ini. Saya suka suasana orang-orang yang menikmati makanan bebas lepas sambil bercengkrama.

Dilain waktu saya mencoba opor ayam kampungnya. Enak juga walau daging ayamnya tidak terlalu lembut. Nasi-opor ayam dengan teh panas dibandrol dengan harga 15.000.

Waduh kok tiba-tiba saya jadi melapar setelah menulis ini. Selamat berburu masakan nusantara yah.

(Visited 4,281 times, 4 visits today)
didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan  pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

30 Comments
  1. Walah kok yang disorot dari tadi petenya aja toh? :D
    Tp saya kurang suka lihatnya kok berantakan gitu ya, penuh banged di piring. Keliatannya sih enak…. apalagi ada petenya :)

  2. hehehe……pantesan…dilewati terus,g pernah mampir.

    nyobain opornya kan mas? dari jaman E.Y.D(apatuh)kalo makan disitu -ketemu temen sd, makan lagi-ketemu temen smp, *opor mbak tum* sip……..kenapa mata saya ke pete trus ya..?

  3. hmmm.. baru saja mencoba makan di warung ini.. kalo ,menurut saya dan kawan2.. rasanya so standard.. udah gitu harga tidak sesuai dgn rasa.. sgt kecewa!! :???:

  4. hey there and thank you for your information – I’ve definitely picked up something new from right here. I did however expertise several technical points using this website, as I experienced to reload the site many times previous to I could get it to load properly. I had been wondering if your web hosting is OK? Not that I’m complaining, but slow loading instances times will very frequently affect your placement in google and could damage your quality score if advertising and marketing with Adwords. Well I’m adding this RSS to my e-mail and can look out for a lot more of your respective intriguing content. Ensure that you update this again soon..

  5. Wew mbak tum peerongan, td sore kesitu. Kemarin coba nasi gudek lauk ayam opor (ayamnya ayam kampung makanya kurang lembut tp enak),terus penasaran ma nasi koyor langsung tadi nyobain dan ternyata maknyus, 2 porsi plus 2 teh ama kerupuk total rp38k terhitung murah karena koyor melimpah

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>