Spartaaaaaa!

Menginjakkan kaki di Yunani, saya ndak tahan untuk ndak teriak “SPARTAAAAAA !!!!” dalam hati aja tapinya. Negara ini memiliki kebudayaan tertua di Eropa dan bahkan dunia. Gak cuma dari sisi arkeologis, ternyata kuliner di Yunani ini unik. Timur ketemu Barat. Belum lagi karena dia adalah negara kepulauan, maka banyak menu seafood muncul di tempat ini, Yummy. Ini beberapa makanan yang sempat saya coba selama seminggu liburan di Yunani.

Feta Cheese

Salah satu produk keju yang khas di daerah Mediteran barat. Keju feta ini teksturnya lebih kering dari keju pada umumnya. Rasanya lebih asin juga. Orang Yunani biasa memakan keju ini dicampur dengan olive oil ataupun dicampur sebagai salad.

Feta Cheese
Feta Cheese

Greek Salad

Salad yunani ini tersusun dari *halah kaya skripsi* tomat, mentimun, buah zaitun, olive oil, daun seledri, potongan paprika, bawang bombay dan feta cheese. Itu di atasnya ada taburan basilikum. Segar banget tapi menunya luar biasa besar biasanya kalo di resto :lol: Bisa lho bikin sendiri di rumah.

Greek Salad
Greek Salad

Fennel Pie

Ini adalah pie vegetarian khas pulau Kreta. Pie vegetarian ini dibuat seperti pie biasanya, dioven. Kulitnya tipis persis kulit martabak telur tapi diisi sayuran cincang seperti seledri dan basilikum. Mungkin juga oregano.

Fennel Pie
Fennel Pie

Moussaka

Moussaka adalah daging cincang dan terong yang dipotong-potong, dibakar di dalam kulit telur dan tahu (?) yang dicampur. Sekilas nampak seperti lasagna tapi rasanya sedikit berbeda pada adonan kulitnya. Moussaka juga gak terlalu banyak pake keju layaknya lasagna. Yang banyak ditonjolkan adalah rasa merica dari dagingnya. Oh iya biarpun kelihatan kecil tapi makanan ini bikin cepet kenyang. Soalnya isinya banyak daging :lol:

Moussaka
Moussaka

Boiled Octopus

Jangan jijik dulu! Hahahaha iya ini adalah gurita rebus. Gurita potong direbus lalu disajikan dingin bersama seledri cincang dan olive oil. Udah gitu aja? Iya :evil: Tapi tenang aja, orang yunani tahu bagaimana menghilangkan rasa amis, jadi dijamin gak akan ada bau laut ketika kita makan makanan ini. Gurita rebus ini rasanya kenyal tapi gak alot, dan bumbu olive oilnya bikin rasanya makin segar.

Errr menu ini sebenernya sangat menantang untuk dicoba tapi kalo toh tetep gak tega makannya juga gak papa :lol:

Gurita rebus
Gurita rebus

Rekomendasi dari saya kalo ada yang berminat pergi ke Pulau Kreta di Yunani, pergilah ke Chania. Di pelabuhannya temukan restoran yang namanya Monastiri. Restoran itu berada di posisi yang paling bagus, menghadap ke laut dan mercusuar, dan kalau kalian beruntung, matahari terbenam. Suit swiiiiwww… Restoran ini punya calamari goreng yang paling enak sedunia! Seriously. Kalo kalian mampir harus coba calamari disini. Oh iya, di akhir hidangan kita diberi gratis satu scoop es krim dan sebotol kecil ouzo, minuman beralkohol 40% khas yunani.

(Visited 100 times, 1 visits today)
didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan  pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

8 Comments
  1. @jumi : enak. teksturnya kenyal kayak cumi. ada sedikit rasa manisnya juga, dan akan lebih enak lagi kalo ditaburi sedikit merica biar rasanya lebih spicy :D

  2. tp rasa dagingnya sama kayak cumi ga?
    selama ini kupikir mungkin rasa dagingnya persis kayak cumi.
    jd ga terlalu tertarik utk nyoba. :P

  3. minat ama guritanya….
    jadi inget nonton orang-orang korea makan bayi gurita idup-idup..
    rasanya gimana ya? pengen nyobain euy :razz:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>