Soto Bokoran Yang Coklat

Disebut bokoran karena rumah dari pemilik Soto Bokoran terletak di Jl. Bokoran. Berbeda dengan kuah soto ala semarang kebanyakan yang bening. Soto Bokoran mempunyai kuah yang kuning kecoklatan. Ternyata warna coklat ini didapatkan dari kaldu ayam yang digunakan sebagai dasar kuah soto dicampurkan dengan kuah sate.

Seperti dikebanyakan warung soto di semarang, sate ayam ataupun sate jeroan menjadi pendamping dalam menyantap soto. Biasanya sate ditaruh didalam sebuah mangkuk yang berisi kuah kecoklatan. Warna coklat ini didapatkan dari bahan dasar kuah berupa campuran gula jawa dan kecap.

Ada satu lagi lauk yang jarang didapatkan di warung soto lain, yaitu telur kecap. Telur ini kelihatannya telur yang dibacem dengan durasi masak selama 5 jam. Bahan dasarnya juga menggunakan telur bebek bukan telur ayam biasa.

Satu porsi sotonya dibandrol Rp.6.000. Dan yang sedikit membedakan dari soto kebanyakan adalah potongan-potongan tomatnya yang sangat besar. Lumayan juicy ketika kita menyantap soto bokoran ini.

Oh iya kalau mau makan di warung ini jangan datang siang hari karena soto dijamin sudah habis ludes. Warung ini buka dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Tetapi pada akhir pekan akan tutup lebih cepat karena habis sebelum jam tutup.

Warung Soto Bokoran sudah bertahan selama 40 tahun berjualan di semarang. Jadi boleh dibilang soto bokoran adalah salah satu kekayaan kuliner semarang yang patut untuk dijaga.

Warung ini bisa ditemukan di Jl. Plampitan. Dari arah Simpang 5 – Jl. Gajah Mada – di perempatan setelah Hotel Gumaya belok kanan. Kelihatannya gang pertama sebelah kanan itu sudah Jl. Plampitan.

(Visited 1,005 times, 1 visits today)
didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan  pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

12 Comments
  1. buset makanan disana harganya bersahabat banget yah.. porsi segitu harga 6 ribu. kl disini sih 10 ribu itu. buka jam 6 sampe 12 siang.. hhmmm kyknya gue blm bangun itu huehe. jeroan plus telur bebek pulak! nikamat :mrgreen:

  2. @ridu: buka segitu aja abis kok :))

    @kania: iyah mbak hihi~ tp JKT juga byk khan yg bisa bikin ngiler

    @elia bintang: enakan tidur el kl jam segitu :))

    @okky : bikin tret kopdarnya :)

    @iyan : kadang rasa dan harga memang sebanding & ada yg lbh mahal menurut saya kl dibandingkan dgn rasanya

    @slams : tak posting wes kl situ buka warung soto :)

  3. Soto bokoran menjadi bagian sejarah saya di masa kecil, ibu saya sering menyuruh saya membeli soto ini utk sarapan pagi kami sekeluarga….sekarang kalo ada waktu pulang ke semarang pasti saya sempatkan mengulang sejarah menikmatinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>