Bubur Sambal Tumpang

Dulu dari kecil aku selalu berpikir kalau sambal tumpang adalah makanan khas Ampel (kota kecil diantara Boyolali dan Salatiga) karena memang menemukan sambal tumpang kalau sedang balik kampung ke ampel. Ternyata sambal tumpang adalah makanan khas yang biasanya ditemukan di Solo dan Kediri.

Sambal tumpang adalah sambal yang dibuat dari bahan baku tempe yang sudah basi (baca: tempe bosok) dan dimasak dengan tahu serta rambak (kulit sapi).

Walaupun disebut sambal, sambal tumpang memiliki kuah yang banyak karena biasanya kuah inilah yang disiramkan ke atas nasi.

Nah akhir minggu kemarin saya dan adik pulang ke Ampel untuk keperluan keluarga. Di pagi hari kita biasanya membeli bubur sambal tumpang. Memang di daerah ampel ini sambal tumpang bisa dipadukan dengan bubur.
bubur sambal tumpang

Cara penyajiannya bubur putih di siramkan dengan sambal tumpang yang berisi tahu. Memang di ampel ini akan terasa sekali kejelataan dari makanan ini karena sambal tumpang hanya diisi dengan tahu dan dibungkus dengan daun pisang. Buburnyapun sangat terasa sekali legit yang berasal dari kelapa yang digunakan.

Dan berapa kerusakan yang harus kita ganti, hanya 1000 rupiah saja, sangat jelata sekali khan?

didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan  pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

You Might Also Like

17 Comments

  • matahati

    16 July 2008

    Mas didut, baru kali ini saya tahu ada bubur sambel tumpang, yang saya tahu biasanya pecel plus sambel tumpang, aduh jadi kepengen bangetsss .. grojok2 deh ngilerrr … tepatnya Ampel sebelah mana ya ?
    tq

    Reply
  • kian

    16 July 2008

    idem ma didut, tiap pagi*shubuh tepatnya* ini menu wajib kalo saya ada di Klaten. Bubur sambal tumpang…hmm tapi diklaten harganya lebih miring lagi 500 perak atau kalo mo banyak 700 perak..kalo 1000 bakal ditolak…kata penjualnya “susah bungkuse ndo'”
    plus..gorengan @200 perak…beh…

    Reply
  • bakulsapi

    13 August 2008

    hmmm…sarapanku kalo lagi di mbahq di nogosari mboyolali sana…ahh..lebaran ntar pulang..

    Reply
  • hennie

    10 September 2008

    hai didut. saya jd penasaran ni. kamu ampelnya dimana? coz aku dulu 2 tahun skolah disana ikut eyangku yg tinggal di ampel sana. kalau aku sebutin nama eyangku kamu pasti kenal. hehhe.
    salam kenal ya.

    Reply
  • meong

    10 November 2008

    eh kl di sala3, selain tahu, koyor adalah wajib hukumnya….

    eh eh, di jogja udah mulai ada lho, yg jual sambel tumpang, lengkap dg koyor dan tahu yg mak nyusss….

    mantapppp…
    dan khasnya yg lain adl urapnya yg dr gori muda shg warnanya agak nge-pink (kl di warung yg depan panti rapih dan dia nyebut menunya bubur jawa).

    Reply
  • widi

    12 November 2008

    Nah….ini jagonya masakan tumpang koyor khas Salatiga… mampir saja warung kami Koyor kota Baru salatiga… kunjungi blog dulu juga bisa di http://www.tumpangkoyor.wordpress.com atau http://www.koyorkotabaru.co.cc
    Dijamin rasakan nendangnya

    Salam

    Reply
  • Terrie Trevino

    12 November 2008

    cl664wv5l9z5ce1g

    Reply
  • engt@

    25 November 2008

    kalo di semarang dmana y? soalnya suamiku suka bangetz…..

    Reply
  • Aurora

    21 March 2009

    Pemerintah Kota Semarang and RAYA Enterprises mo bikin event untuk masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya yang doyan banget makan masakan Indonesia di ajang pesta kuliner terbesar di Semarang di ajang Festival jajanan dan Masakan Indonesia on Visit Semarang year 2009.
    Tanggal 30-31 Mei 2009 di Kota lama semarang…C u there yah…
    Untuk info lebih lanjut email aja di [email protected]
    dengan subyek :Pesta Kuliner

    Reply
  • purwanto

    3 April 2009

    waduh mas ..sambel tumpang jadi ingat aku pernah menuntut ilmu di SMPN 2 ampel alumni th 86/87. khas benar itu makanan sayang istri tak bisa bikin.jadi kangen sama ampel ..salam dari UAE

    Reply
  • wdjang

    23 April 2009

    sambel tumpang kalo di tempatku “tumang” namanya “sambelethok”.wah dah lama g makan bubur sambel tumpang jadi pengen pulang kampung…

    Reply
  • elkis liyunita

    20 August 2009

    salam kenal. sambal tumpang dari ampel memang sedaap banget…apalagi bubur sambel tumpang. saya saat mual krn hamil muda di malaysia selalu teringat bubur sambel tumpang..mm.

    Reply
  • Ibnu Wahyudi

    19 September 2009

    Wah, kalau ngomong soal sambel lethok atau sambel tumpang, jadi kemecer. Kebetulan saya dari (ng)Ampel yang udah di Jakarta sejak tahun 1977. Tiap pulang, saya selalu beli sambel itu di pinggir jalan yang menuju Pantaran itu. Wah, sedap dan murahnya itu lho. Salam dari UI.

    Reply
  • dobelden

    22 December 2010

    sarapan khas daerah tuntang salatiga jg seperti ini, tp aku lebih suka bubur dikasih srundeng kelapa 😀

    Reply
  • Novi dyah

    26 December 2010

    mas aq org kdiri,,kalau smpat silahkan mampir d kediri tepatnya di jalan dhoho,,jam 11an malam ktika prtokoan mlai ttup,,spanjang jalan dhoho disulap jdi puluhan lesehan,,dan smuanya mnunya sama nasi SAMBAL TUMPANG & SAMBAL PECEL,,,smilir angin mlm & keramahan mbok2 yg jual bnr2 mnghidupkan mlm,,harganya mrakyat &dngan rasa khas racikan tangan simbok2 asli kediri,,MONGGO

    Reply
  • andy

    27 December 2010

    ngomong ngomong sambel tumpang<di salatiga ada di jalan kesambi setelah ya mien kalo pagi jam 6,nasi tumpang koyor ditambah krupuk karak di remet remet…..hmmm…….besok ke salatiga ah…..

    Reply
  • :: TukangMakan.com :: » Sambal Tumpang Jl. Gajah Mada

    28 December 2010

    […] Comments andy on Bubur Sambal TumpangNovi dyah on Bubur Sambal Tumpangchika on Ramen Ramen Ramen (1)handoko_aw on Berburu Kuliner Malam […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *