Dulu dari kecil aku selalu berpikir kalau sambal tumpang adalah makanan khas Ampel (kota kecil diantara Boyolali dan Salatiga) karena memang menemukan sambal tumpang kalau sedang balik kampung ke ampel. Ternyata sambal tumpang adalah makanan khas yang biasanya ditemukan di Solo dan Kediri.

Sambal tumpang adalah sambal yang dibuat dari bahan baku tempe yang sudah basi (baca: tempe bosok) dan dimasak dengan tahu serta rambak (kulit sapi).

Walaupun disebut sambal, sambal tumpang memiliki kuah yang banyak karena biasanya kuah inilah yang disiramkan ke atas nasi.

Nah akhir minggu kemarin saya dan adik pulang ke Ampel untuk keperluan keluarga. Di pagi hari kita biasanya membeli bubur sambal tumpang. Memang di daerah ampel ini sambal tumpang bisa dipadukan dengan bubur.
bubur sambal tumpang

Cara penyajiannya bubur putih di siramkan dengan sambal tumpang yang berisi tahu. Memang di ampel ini akan terasa sekali kejelataan dari makanan ini karena sambal tumpang hanya diisi dengan tahu dan dibungkus dengan daun pisang. Buburnyapun sangat terasa sekali legit yang berasal dari kelapa yang digunakan.

Dan berapa kerusakan yang harus kita ganti, hanya 1000 rupiah saja, sangat jelata sekali khan?