Lumpia Mbak Lien


Siapa tak kenal dengan lumpia?

Kalau kita menyebut lumpia pasti kita langsung teringat dengan Kota Semarang yang juga terkenal dengan banjirnya itu


Lumpia adalah makanan khas semarang yang isinya terdiri dari rebung, telur, dan bisa dikombinasi dengan daging ayam, udang atau bahkan daging kepiting. Katanya sih di semarang itu ada beberapa tempat utama untuk mendapatkan lumpia yaitu di Gang Lombok, Jl. Pemuda dan di Jl. Mataram. Ke 3 tempat ini menampilkan cita rasa lumpia yang awalnya berasal dari keluarga yang sama.

Kali ini catatan saya dalam rangka menyambangi salah satu warung lumpia yang terkenal di semarang yaitu lumpia Mbak Lien.


Warung Mbak Lien bisa di jumpai di Jl. Pemuda, tepatnya di gang Grajen, di depan Dept Store Sri Ratu. Tapi jangan terkecoh dengan warung lumpia lainnya karena ada warung lumpia lain yang letaknya di pinggir jalan dengan nama yang mirip-mirip sehingga bisa mengecohkan pelanggan yang belom tau letak warung lumpia Mbak Lien.

Warung Mbak Lien ini sedikit menjorok di dalam gang sehingga sedikit tidak kelihatan dari jalan raya.


Lumpia yang ditawarkan adalah lumpia basah (tidak digoreng) dan lumpia yang di goreng.

Dan jangan khawatir, untuk lumpia basah isinya sudah masak hanya tidak digoreng. Setelah lidah saya mencicipi lumpia yang basah, rasanya oke banget dan lebih terasa isinya karena tidak tercampur dengan minyak. Rasanya agak manis dengan rasa rebung dan telur di dalamnya.

Sayang saya tidak bisa menginterview yang menjaga warung, mungkin karena kali ini saya datang beramai-ramai dengan anak-anak loenpia sehingga mungkin mood yang menjaga warung agak kurang melihat keramaian dari kami. Tapi kelihatannya memang sedikit tidak ramah untuk yang menjaga warung, ini mungkin sedikit masukan untuk warung lumpia Mbak Lien karena pembeli adalah raja ๐Ÿ˜€

Untuk harga lumpia di warung Mbak Lien, dihargai dengan Rp.7000, – untuk 1 potongnya, memang harga tidak pernah menipu rasa.

Jadi kalau datang ke kota semarang jangan lupa mencoba lumpia yah ๐Ÿ˜€

Berita terkait:
Lumpia di wikipedia

didut

Ide membuat blog ini sebenarnya berawal dari kesukaan membuat postingan jajanan yang sering saya santap diluar rumah. Saya sering menyesal kalau makanan-makanan tersebut hanya masuk ke dalam perut. Awalnya blog ini hanya berisi pengalaman saya dan teman-teman dalam menyantap aneka jenis kuliner di Kota Semarang, tetapi saat ini blog tukangmakan juga diisi oleh teman-teman yang berada di luar Semarang hingga berada di negara yang lain. Kalau kamu tertarik untuk ikutan menulis disini silahkan kirimkan ย pesan ke dianadi[dot]prasetyo[at]gmail[dot]com dan kami akan mengkontak kamu segera. Makan-makan yuk!! :D

You Might Also Like

16 Comments

  • Pencinta Loenpia

    7 December 2007

    waaa .. jadi pengen lumpia neh …. ๐Ÿ˜€

    Reply
  • kiyat

    8 December 2007

    aku bener-bener pengin lumpia express ๐Ÿ˜€
    yang Mbak Lien udah kemarin kan ๐Ÿ˜€

    Reply
  • detnot

    8 December 2007

    kapan-kapan bahas makanan kesukaan ane ya
    bakso urat ๐Ÿ˜€

    Reply
  • Ari Wibowo

    9 December 2007

    Padahal cuman rebung lho… bisa 7rebu gitu..

    Reply
  • Bambang Laresolo

    11 December 2007

    Terus terang saya belum bisa menikmat lumpia Semarang. Bau rebungnya yang tajam belum bisa saya adaptasi. Dan saya baru tahu kalau ada rebung bau seperti itu dari Lumpia Semarang. Pengalaman masa kecil makan rebung hasil kebun bambu belakang rumah, baunya tidak seperti itu.

    Reply
  • icha

    11 December 2007

    aduuuhh…ngiler bgt…trakhir maakan lumpia semarang kapan yah???? ada kali 10 tahun yg lalu

    Reply
  • ahmed

    15 December 2007

    Rebung berbau tajam itu rebung yg sudah disimpan lama. (rebung yang diambil saat musim hujan dan disimpan sebagai stok, dikeluarkan kembali saat musim kemarau. Dimana rebung hanya ditemukan dlm jumlah sedikit).
    Kalau loenpia khas Semarang yang asli (memakai rebung yang masih fresh). Dijamin..!!!

    Reply
  • la mendol

    14 March 2008

    pertama mikirnya mahal..tapi pas tau rasanya..sepadan kok

    Reply
  • Loenpia Mbak Lien

    3 May 2008

    Saya selaku owner mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan dalam pelayanan kami. Ini akan kami buat sebagai masukan kami dan pengembangan pelayanan kami selanjutnya.

    Reply
  • indah

    26 December 2008

    udah pernah coba yang di gang lombok dut?coba deh..

    Reply
  • Indah

    6 December 2009

    Lumpia????

    udah pernah nyoba lumpia bu indah ga???
    yang di gunung saharu x rt 11 rw 03 no. 7, jakarta pusat????

    cobain deh… pasti ketagihan…. tlp aja ke 021 – 6280972

    Ok………..

    Reply
  • :: TukangMakan.com :: » Blog Archive » Legenda Lumpia Gang Lombok

    14 January 2010

    […] Legenda Lumpia Gang Lombok 14 January 2010 by didut 1 views No Comment Lumpia adalah makanan khas semarang yang isinya terdiri dari rebung, telur, dan bisa dikombinasi dengan daging ayam, udang atau bahkan daging kepiting ~ Tukang Makan […]

    Reply
  • J

    9 April 2010

    Loenpia Mbak Lin….ya.

    waaa..berarti datangnya malam ya mas, kalo datangnya siang masih ketemu sama Opa- engkongnya yang ramah banget.
    selalu nanya para tamunya ” rumahe mana to? ”
    lalu setelah selesai ” ati-ati yaa…..” gituu kok mas Didut.
    dan kayaknya Engkong tu punya six sense dah……..kayaknya siiiih..( soktauajah)

    Reply
  • Lumpia Sastro : sebuah alternatif lumpia semarang | Tukang Makan

    22 April 2012

    […] Semarang sudah kadung terkenal dengan Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mbak Lien maupun Lumpia Mataram. Padahal sih kalau mau mencoba-coba ada beberapa alternatif ย lumpia yang […]

    Reply
  • Lumpia: Enak, Rendah Kalori & Bergizi | Will You Keep On Dreaming or Live Your Dream

    23 October 2012

    […] sudah beberapa kali menulis soal lumpia, bisa cek disini, disini dan disini juga hihi~ . Siapa yang tidak mengenal lumpia, sebuah makanan atau oleh-oleh yang sangat […]

    Reply
  • Lumpia: Enak, Rendah Kalori & Bergizi | Nutrisi Untuk Bangsa

    24 October 2012

    […] sudah beberapa kali menulis soal lumpia, bisa cek disini, disini dan disini juga hihi~ . Siapa yang tidak mengenal lumpia, sebuah makanan atau oleh-oleh yang sangat […]

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *