Lumpia Mbak Lien


Siapa tak kenal dengan lumpia?

Kalau kita menyebut lumpia pasti kita langsung teringat dengan Kota Semarang yang juga terkenal dengan banjirnya itu


Lumpia adalah makanan khas semarang yang isinya terdiri dari rebung, telur, dan bisa dikombinasi dengan daging ayam, udang atau bahkan daging kepiting. Katanya sih di semarang itu ada beberapa tempat utama untuk mendapatkan lumpia yaitu di Gang Lombok, Jl. Pemuda dan di Jl. Mataram. Ke 3 tempat ini menampilkan cita rasa lumpia yang awalnya berasal dari keluarga yang sama.

Kali ini catatan saya dalam rangka menyambangi salah satu warung lumpia yang terkenal di semarang yaitu lumpia Mbak Lien.


Warung Mbak Lien bisa di jumpai di Jl. Pemuda, tepatnya di gang Grajen, di depan Dept Store Sri Ratu. Tapi jangan terkecoh dengan warung lumpia lainnya karena ada warung lumpia lain yang letaknya di pinggir jalan dengan nama yang mirip-mirip sehingga bisa mengecohkan pelanggan yang belom tau letak warung lumpia Mbak Lien.

Warung Mbak Lien ini sedikit menjorok di dalam gang sehingga sedikit tidak kelihatan dari jalan raya.


Lumpia yang ditawarkan adalah lumpia basah (tidak digoreng) dan lumpia yang di goreng.

Dan jangan khawatir, untuk lumpia basah isinya sudah masak hanya tidak digoreng. Setelah lidah saya mencicipi lumpia yang basah, rasanya oke banget dan lebih terasa isinya karena tidak tercampur dengan minyak. Rasanya agak manis dengan rasa rebung dan telur di dalamnya.

Sayang saya tidak bisa menginterview yang menjaga warung, mungkin karena kali ini saya datang beramai-ramai dengan anak-anak loenpia sehingga mungkin mood yang menjaga warung agak kurang melihat keramaian dari kami. Tapi kelihatannya memang sedikit tidak ramah untuk yang menjaga warung, ini mungkin sedikit masukan untuk warung lumpia Mbak Lien karena pembeli adalah raja :D

Untuk harga lumpia di warung Mbak Lien, dihargai dengan Rp.7000, – untuk 1 potongnya, memang harga tidak pernah menipu rasa.

Jadi kalau datang ke kota semarang jangan lupa mencoba lumpia yah :D

Berita terkait:
Lumpia di wikipedia

,
16 comments on “Lumpia Mbak Lien
  1. Terus terang saya belum bisa menikmat lumpia Semarang. Bau rebungnya yang tajam belum bisa saya adaptasi. Dan saya baru tahu kalau ada rebung bau seperti itu dari Lumpia Semarang. Pengalaman masa kecil makan rebung hasil kebun bambu belakang rumah, baunya tidak seperti itu.

  2. Rebung berbau tajam itu rebung yg sudah disimpan lama. (rebung yang diambil saat musim hujan dan disimpan sebagai stok, dikeluarkan kembali saat musim kemarau. Dimana rebung hanya ditemukan dlm jumlah sedikit).
    Kalau loenpia khas Semarang yang asli (memakai rebung yang masih fresh). Dijamin..!!!

  3. Saya selaku owner mohon maaf apabila ada ketidaknyamanan dalam pelayanan kami. Ini akan kami buat sebagai masukan kami dan pengembangan pelayanan kami selanjutnya.

  4. Lumpia????

    udah pernah nyoba lumpia bu indah ga???
    yang di gunung saharu x rt 11 rw 03 no. 7, jakarta pusat????

    cobain deh… pasti ketagihan…. tlp aja ke 021 – 6280972

    Ok………..

  5. Pingback: :: TukangMakan.com :: » Blog Archive » Legenda Lumpia Gang Lombok

  6. Loenpia Mbak Lin….ya.

    waaa..berarti datangnya malam ya mas, kalo datangnya siang masih ketemu sama Opa- engkongnya yang ramah banget.
    selalu nanya para tamunya ” rumahe mana to? ”
    lalu setelah selesai ” ati-ati yaa…..” gituu kok mas Didut.
    dan kayaknya Engkong tu punya six sense dah……..kayaknya siiiih..( soktauajah)

  7. Pingback: Lumpia Sastro : sebuah alternatif lumpia semarang | Tukang Makan

  8. Pingback: Lumpia: Enak, Rendah Kalori & Bergizi | Will You Keep On Dreaming or Live Your Dream

  9. Pingback: Lumpia: Enak, Rendah Kalori & Bergizi | Nutrisi Untuk Bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 5 + 13 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)