Garang Asem Kudus

Hari sabtu kemarin sengaja ke Kudus untuk menghadiri pernikahan seorang teman lama, tetapi kalau menghabiskan waktu 2 jam untuk ke luar kota tanpa membawa oleh-oleh untuk lidah kok rasanya kurang puas.

Kota Kudus itu terkenal dengan garang asemnya. Garang asem biasanya berisi ayam kampung yang dipotong dalam ukuran kecil, dibungkus daun pisang dan diberi bumbu yang agak pedas dan ditambah potongan belimbing dengan kuah didalamnya. Setelah dikukus lebih dari beberapa jam baru bungkusan garang asem siap untuk dihidangkan.

garang asem
Kali ini kita memburu garang asem Rumah Makan (RM) Sari Rasa yang terkenal itu.

Letaknya tidak jauh dari terminal Kudus. Kalau kamu dari arah Semarang, lurus saja sekitar 3 – 4 KM dari termianl kudus, sebelah kiri. Warungnya mudah dikenali dengan jejeran mobil yang banyak parkir di depan dan samping warung.

Kembali ke garang asem.Karena dikukus beberapa jam itu ayam kampungnya menjadi sangat empuk. Begitu digigit , wah maknyus banget!! *pakbondanmodeon*. Tau khan susahnya nyari ayam kampung yang dimasak empuk, kuahnya juga seger banget dan asam belimbingnya juga sangat terasa. Mungkin itu kenapa dikasih nama asem yah. Sedikit pedas, tidak sepedas cerita teman-teman yang sudah makan garang asem ini di Kudus.

soto
Kita datang sekitar jam 12 siang dan belum terlalu banyak orang yang datang walaupun penuh. Aku dan yudi makan garang asem. Ari sebagai tamu tukang makan kali ini menyantap soto kudus. Karena takut perut kekenyangan untuk pesta pernikahan jadinya tidak berani untuk memesan soto kudus. Nanti mungkin pesan Ari buat postingannya :P .

soto kerbau ala kudus
Nah di perkawinan kebetulan ada hidangan yang khas juga dari kudus yaitu sate kerbau. Ternyata rasanya manis sekali. Saya hampir tidak kuat makannya karena saus kacangnya juga manis. Kalo menurut ari sih dagingnya di-dendeng dulu baru kemudian di bakar. hmm, ternyata saya tidak suka dengan yang manis-manis kecuali cewek yang manis :P

Total kerusakan untuk garang asem 1 porsinya sebesar 14.000 perak. Tidak terlalu mahal untuk ukuran daging ayam yang sangat banyak dan lezat itu. 1 porsi soto 5000 perak dan nasi 200 perak saja.

Kalau kamu dari jauh dan takut kehabisan bisa menghubungi yang empunya warung di (0291)442218. Yang takut nyasar rumah makan ini berlamat di Jl. Agil Kusumadya no 20 Kudus. hmmm…minggu ini hunting apalagi yah :P

,
8 comments on “Garang Asem Kudus
  1. Pingback: Kemas Rahmat S.W » Blog Archive » Demam geMasTIK !!!

  2. Pingback: Demam geMasTIK !!! « bagindoKemas’s Chamber of Secret

  3. Pemerintah Kota Semarang and RAYA Enterprises mo bikin event untuk masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya yang doyan banget makan masakan Indonesia di ajang pesta kuliner terbesar di Semarang di ajang Festival jajanan dan Masakan Indonesia on Visit Semarang year 2009.
    Tanggal 30-31 Mei 2009 di Kota lama semarang…C u there yah…
    Untuk info lebih lanjut email aja di raya_enterprises@yahoo.com
    dengan subyek :Pesta Kuliner

  4. Pingback: :: TukangMakan.com :: » Blog Archive » Citra Oriental Asem Asem Koh Liem

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

What is 2 + 5 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)